Konten Interaktif untuk Media Sosial Perusahaan, Emang Perlu?

  • Post author:

Konten interaktif adalah konten yang dibuat agar audiens berpartisipasi secara aktif, bukan hanya melihat, menonton atau mendengarkan konten kita. Jenis konten yang interaktif seperti ini tentunya akan lebih menarik, sehingga menambahkan pengalaman yang unik kepada audiens terhadap media sosial perusahaan.

“93% pemasar setuju bahwa konten interaktif efektif dalam mengedukasi pembeli dibandingkan hanya 70% untuk konten biasa.” 

  1. Menarik audiens yang mungkin menjadi pembeli di masa depan.
  2. Mendorong audiens untuk terlibat dan membagikan konten.
  3. Mendapatkan loyalitas dari para audiens.
  4. Memberikan data audiens yang lebih baik.
  5. Memenangkan persaingan marketing dari pesaing lain.

Jenis-jenis konten interaktif untuk media sosial perusahaan:

  1. Video interaktif

Menurut Singlegrain, sebanyak 51,9% marketer mengatakan bahwa konten video memiliki ROI lebih baik dibandingkan jenis konten lainnya. Selain itu, 43% konsumen lebih menginginkan konten video interaktif dari brand yang lebih menarik. Jadi, jika kamu ingin konten video lebih interaktif bisa ditambahkan fitur seperti polling atau pertanyaan yang bisa dijawab oleh penonton.

  1. Infografis

Dalam membuat konten infografis interaktif memang membutuhkan waktu karena harus menentukan topik apa yang akan dibahas, riset data dan fakta, lalu memvisualiasinya semenarik mungkin dan mengevaluasinya. Namun konten infografis Interaktif begitu mampu membuat audiens terlibat pada konten.

  1. Kuis/Games

Kamu bisa mengajak para audiens menjawab pertanyaan, menebak jawaban (TTS) atau juga melanjutkan pantun. Hal tersebut bisa membuat audiens terhibur serta meningkatkan engagement.

  1. Kutipan dan Meme

Kutipan dan meme kini menjadi konten yang diminati karena para audiens merasa relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga konten ini mudah untuk dibagikan oleh para audiens.

  1. Jajak pendapat dan Survei

Meminta jawaban mengenai umpan balik konsumen tentang konten, produk, layanan, wawasan audiens mengenai produk dan preferensi pembelian.

Di era digital ini, media sosial menjadi salah satu platform yang menghubungkan perusahaan dengan konsumen hingga calon konsumen. Saat ini banyak perusahaan yang menonjol bukan dari produknya, melainkan media sosialnya. Karena audiens lebih banyak berinteraksi di sana.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola media sosial perusahaan dengan sebaik mungkin guna mempertahankan loyalitas konsumen. Kamadigital dapat menjadi partner perusahaan dalam pengelolaan media sosial, untuk menciptakan konten-konten yang menarik dan interaktif.