KOL dalam Membangun Brand Awareness Perusahaan atau Brand

  • Post author:

Dalam dunia marketing, ada banyak jenis strategi marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan Brand Awareness. Salah satunya dengan menggunakan KOL (Key Opinion Leader).

Apa Itu KOL (Key Opinion Leader)?

KOL (Key Opinion Leader) adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan juga keahlian tertentu dalam suatu bidang, yang pendapatnya banyak didengarkan oleh masyarakat. Karena KOL merupakan seseorang yang ahli dibidang tertentu, menjadi salah satu alasan mengapa pendapatnya sering dianggap valid. KOL memiliki jangkauan yang luas dan memiliki pengikut yang cukup banyak.

Keahliannya tersebut pun menjadi salah satu alasan mengapa pendapat KOL memiliki pengaruh terhadap suatu produk maupun jasa. Pada saat ini sudah banyak sekali KOL yang berkecimpung di dunia media sosial.

Sebagai contoh, beberapa dokter ahli dibidangnya memiliki akun media sosial untuk menyebarkan informasi terkait dengan keahlian mereka. Bukan hanya dokter, namun bidang lain seperti, desainer, tokoh politik dan masih banyak lagi.

Lalu Bagaimana KOL dapat Membangun Brand Awareness?

People trust people, not brands.

KOL memiliki kredibilitas di bidangnya masing-masing. KOL dapat membangun Brand Awareness melalui edukasi pada bidangnya, kemudian KOL mampu menarik perhatian sebuah produk atau jasa melalui edukasinya yang berdampak kepada perusahaan sehingga mendapatkan awareness. Bahkan perusahaan dapat melakukan #KolaborasiKekinian dengan KOL untuk membuat sesuatu yang baru.

Selain meningkatkan Brand Awareness dengan memilih KOL yang sesuai dan juga tepat, KOL juga mampu meningkatkan jangkauan audiens. Brand dapat memastikan target pasar yang ideal.

Bagaimana Cara Memilih KOL yang Sesuai dan Efektif?

Bekerja sama dengan KOL mampu mengubah persepsi publik terhadap perusahaan. Karena pada umumnya strategi marketing yang menggunakan KOL mengarah ke citra, bukan penjualan.

Maka sebelum melakukan kolaborasi bersama KOL, perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor seperti berikut:

  1. Memiliki Relevansi yang Tepat Terhadap Brand

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan KOL dengan perusahaan agar sesuai dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan Brand Awareness. Apabila perusahaan bergerak dibidang farmasi, ada baiknya bekerja sama dengan KOL yang bergerak dibidang farmasi karena pengikut dari KOL tersebut akan lebih aware terhadap perusahaan.

Apabila salah dalam strategi menentukan KOL, akan berpengaruh kepada banyak hal. Salah satunya, tidak mencapai tujuan dalam meningkatkan Brand Awareness.

  1. KOL yang Memiliki Kredibilitas

Selain memilih KOL yang memiliki relevansi yang sesuai, marketing juga perlu memilih KOL yang memiliki kredibilitas. KOL yang memiliki kredibilitas, akan lebih mampu membangun kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan ataupun brand.

Saat ini publik lebih percaya kepada orang dibandingkan brand sendiri. Itulah mengapa, dengan memilih KOL yang terpercaya perusahaan ataupun brand akan lebih mudah dipercaya masyarakat.

  1. Jumlah Followers dan Engagement Rate

Apakah perlu memperhatikan dan juga memilih KOL sesuai dengan followersnya? Jawabannya sangat perlu. Maka dari itu, hal terakhir yang bisa dilakukan dalam memilih KOL yang sesuai adalah mengecek jumlah followers dan engagement rate mereka untuk menyesuaikan ide perusahaan dengan KOL yang akan diajak bekerja sama.

Setelah mengetahui ketiga poin di atas, kamu sudah bisa menentukan KOL yang akan diajak bekerja sama. Namun apabila perusahaan ataupun brand masih bingung dalam memilih KOL yang sesuai, kamu bisa menggunakan jasa KOL Manajemen.

Kamadigital menyediakan list KOL, Bloggers dan Influencer untuk meningkatkan Brand Awareness perusahaan kamu. Jika tertarik, kamu bisa menggunakan jasa kami yang sudah terpercaya dalam menjalankan banyak campaign yang menggunakan KOL.