Preloader
 
Home / Blog / #KalauDeketJalaninAja bareng BPTJ
3September 2019

#KalauDeketJalaninAja bareng BPTJ

Olahraga apa yang paling ringan tapi tetap susah dikerjakan? Yap, Jalan kaki. Terbiasa dengan transportasi yang praktis seperti ojek atau motor membuat kita makin malas bergerak. Tapi masa sih kalau cuma dari stasiun/halte ke kantor yang jaraknya cuma 500 meter harus diantar juga? Padahal manfaat jalan kaki secara kesehatan banyak banget loh, diantaranya mengurangi risiko sakit jantung, membakar kalori, menguatkan tulang bahkan dapat mengurangi risiko terkena kanker. Kabar baiknya buat anak-anak milenial nih, jalan kaki ternyata bisa meningkatkan kreativitas hingga 60% loh!

Pada 26 – 29 Agustus 2019 lalu, Kamadigital membantu Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan untuk memberikan apresiasi kepada para pejalan kaki dan mengajak untuk naik angkutan umum. Apresiasi yang bertajuk “Kampanye Jalan Hijau” bertujuan untuk mendorong semaksimal mungkin masyarakat berpindah dari kendaraan (motor/mobil) pribadi ke angkutan umum massal dan berjalan kaki.

Nah, kenapa sih bertajuk Jalan Hijau? Jalan Hijau dengan tagar #JalanHijau pada media sosial, mengandung pengertian bahwa apabila semakin banyak masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan angkutan umum dan berjalan kaki, maka jalan akan semakin ramah lingkungan (hijau).  Kondisi begini akan memberikan banyak dampak positif baik secara individu maupun bagi masyarakat secara umum.

Kegiatan diselenggarakan di empat titik di Jabodetabek, yaitu di depan stasiun Juanda, depan pintu MRT Dukuh Atas, Bekasi dan Depok.  Bentuk apresiasi dilakukan dengan penyampaian lewat poster-poster yang dibawa oleh petugas-petugas yaitu para taruna taruni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), membagikan masker, pin, kipas dan tumbler yang semuanya memiliki pesan-pesan untuk mengajak berjalan kaki dan naik transportasi massal.

Acara puncak dari Kampanye Jalan Hijau dilakukan pada 1 September 2019 lalu dengan berjalan kaki dari stasiun Sudirman hingga Bundaran HI.  BPTJ membuat satu panggung sebagai sebagai pusat acara. Disinilah dilakukan aktivitas seperti senam pagi, talkshow dengan BPTJ, kuis dan live  music.

Harapannya, seluruh lapisan masyarakat mau mengembangkan gerakan Jalan Hijau ini dikehidupan sehari-hari. Karena, kalau deket, jalanin aja!

BY kamadig 0 Read More

Leave a Reply