Preloader
 
Home / Blog / Check Up Keuangan Milenial
5July 2019

Check Up Keuangan Milenial

Godaan gaya hidup di masa digital, merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi saat ini. Apalagi bagi generasi milenial di usia-usia awal produktif. Menyeimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan nampaknya masih menjadi PR yang belum juga selesai. Belanja kebutuhan sehari-hari, membantu orang tua, liburan, nonton konser hingga biaya nongkrong kadang lupa dihitung dengan cermat yang akhirnya membuat dompet kebobolan. Jika sudah begini, boro-boro mikirin tabungan masa depan. 

 

Tidak salah Kamadigital mengajak para milenial dan semua kalangan untuk Check Up keuangan dalam sebuah workshop yang bertajuk “Personal Financial Check Up untuk Milenial”, Kamis, 27 Juni 2019 lalu di Kafe Sastra Balai Pustaka. Workshop yang dinarasumberi oleh Senior Consultant, Eka Budiana ini merupakan event pertama Kamadigital di tahun 2019. 

 

Tepat pukul 15.30 WIB, kegiatan ini dibuka dan diawali dengan penjelasan tentang tanda-tanda keuangan tidak sehat. Dilanjutkan dengan menentukan target jangka pendek, menengah dan panjang. Pada tahap ini, audience diberikan kertas untuk dituliskan target-target mereka pada lima tahun sampai lebih dari sepuluh tahun kedepan. Dengan konsep yang membaur dan santai, suasana menjadi pecah saat beberapa audience ditanya perihal target masa depannya masing-masing.

 

Narasumber juga memberitahukan tentang pengelompokan pengeluaran yang biasa dilakukan sehari-hari. Pengelompokan ini bertujuan agar kita dapat mengklasifikasikan uang yang akan kita keluarkan, seperti kelompok tabungan/investasi, rutin, hutang/cicilan, sosial dan gaya hidup/pribadi. Di sini, audience diajak untuk mengklasifikasikan kebutuhannya sesuai kelompok-kelompok pengeluaran yang ada.

 

Sebagai penutup, audience diajak bermain games seputar pembahasan financial check up dan diberi tips mudah berhemat saat harga naik.

 

“Seneng banget ada workshop yang membahas tentang ini, karena sejujurnya ini sudah menjadi kegalauan pribadi sejak lama. Bingung gimana caranya bisa nabung tapi tetep bisa eksis di sosial hehe.” Ujar Ratih, salah satu audience saat ditanya perihal workshop tersebut.

Event seperti ini direncanakan akan menjadi event rutin Kamadigital. Masih ada tema-tema berikutnya yang tidak kalah seru loh!

BY kamadig 0 Read More

Leave a Reply